Tahun 2014 yang akan datang, Nissan Motor Co ingin membuat kendaraan Low Cost Green Car di 3 negara indonesia, Rusia, dan india. Namun Nissan tidak akan menggunakan brandnya, melainkan menggunakan sub-brandnya Datsun. Dengan pertimbangan agar tidak mengganggu branding dari Nissan yang sudah mapan dikelas menengah. Diketahui bahwan datsun adalah anak perusahaan Nissan, untuk pasar amerika. Sebenarnya aroma ini tercium saat saya menonton Transformer 3, terlihat mobil datsun 510 milik sam witwicky. Setelah browsing sana sini ternyata benar 2 tahun lagi datsun akan kembali dan beruntungnya indonesia menjadi salah satu tempat lahirnya. Nissan menginvestasi US$400 untuk pembuatan pabrik dan outlet tersebar di 70 lokasi. Rencananya datsun yang akan diproduksi nanti bukan mengadopsi spirit fairlady 240z ataupun bluebird, melainkan seri yang lebih lawas sedan era pertengahan 1950 atau bahkan roadster era 1930. Datsun sendiri cukup ngetop karena sering muncul di berbagai film tahun 70an, hingga pada tahun 1983 dimatikan oleh Nissan Motor Co dengan alasan rebranding. Saya disini tidak ingin bercerita tentang sejarah datsun lebih panjang terlebih rebranding Nissan, silahkan googling saja kalau tertarik. :)
Saat pertamakali mendengar kata Datsun, satu hal yang terbayangkan adalah mobilnya rocker. Karena yang pertama kali terlintas adalah nama quartet-modern-led-zep The Datsuns. hahaha Memang tidak ada korelasi diantara mereka tapi mungkin karena nama mereka mirip jadi inilah yang saya ingat. Mungkin seperti motor vespa yang identik sama anak mods. Berangkat dari situ, saya berandai - andai "Gimana kalo datsun masuk kembali dengan music branding?". Segmentasi market yang Low Budget saya rasa cocok juga dengan konsep music branding yang youth-rock-rebel-personalitas-kebutuhan ramah lingkungan. Music yang cocok yang tentu saja yang sangat led-zep, bisa jadi ya The Sigit! Selain musicnya yang nge-rock grup band ini juga pernah tur di amerika, jadi bisa dibilang band indie level internasional. Untuk jangkauan nasional jangan khawatir, stasiun tv one memiliki acara musik non- mainstream Radioshow yang di hampir tiap episodenya meraih trending topic di twitter. Saat brand activation cukup menggelar tour the sigit di 7 kota besar. Buzz marketing bisa melalui personal twitter the sigit yang menceritakan passionnya terhadap datsun. Paling nggak saya pasti ngiler liat datsun baru itu. hehe
Ya inilah ngayal saya saat sebelum tidur, jadi ya tanpa riset cuman dari hasil pengamatan saya saja sebelum tidur. Kalo khayalan kalian gimana? :D
Source: http://bit.ly/KfVVNN & http://bit.ly/MJdNRt
Datsun 510 |
Ya inilah ngayal saya saat sebelum tidur, jadi ya tanpa riset cuman dari hasil pengamatan saya saja sebelum tidur. Kalo khayalan kalian gimana? :D
Source: http://bit.ly/KfVVNN & http://bit.ly/MJdNRt
No comments:
Post a Comment