Wednesday, June 20, 2012

[Feature] Tracking Indonesia Conversation

Era digital sangat dekat dengan kita, hampir semua orang menggunakan media ini untuk melakukan promosi atau hanya sekadar bertukar pikiran. Kehadiran social network seperti twitter dan facebook menimbulkan format baru antar manusia berinteraksi. Karena maik banyak yang menggunakannya para brand ini seperti tidak ingin melewatkan trend media satu ini. Akhirnya semua brand berbondong-bondong untuk membuat akun social network guna membangun citra di era digital ini. Bagi mereka brand besar pasti mengalokasikan budget yang cukup besar demi membangun branding di dunia offline yang mengangkat aktivitas di dunia online. Karena menurut pengamatan saya karakteristik orang - orang yang menggunakan social network ini cenderung menuliskan apa saja yang terjadi disekitarnya. Untuk brand denga low budget tidak kehabisan akal juga, mereka cukup mengajak teman - teman sekitarnya untuk membantu meretweet saja sudah cukup. Atau yang lebih cerdik bisa menggunakan konten - konten yang digarap secara baik dan di share yang bisa juga berguna bagi orang lain. Selain berpromosi sekaligus berbagi.

Setelah itu semua dilaksanakan tapi penjualan yang belum melonjak juga tuh. Apa budget yang ekluar kurang besar ya? atau kontennya kurang menarik? Atau memang promosi via digital ini masih belum tepat ya? Eits tunggu dulu, jangan asal bilang media digital ini gak tepat dong. Coba diukur dulu sejauh ini orang - orang ada yang tertarik sama brand kita tidak? Cara paling mudah si dengan fitur search yang ada twitter client. Tapi kalo mau merangkum semua percakapan yang ada di beberapa akun social net ini gimana dong? Tenang saja ada SX Indeks yang sangat jitu dalam melacak percakapan yang terjadi di dunia digital ini.

SX indeks adalah tool milik salingsilang.com. Diketahui saling silang merupakan situs yang menyebar perbincangan menarik dan menjadi trending topic di media sosial di indonesia. Terus apa fungsi SX indeks ini? Tool ini memiliki fitur yang dapat membuat rencana campaign sekaligus evaluasi hasilnya. Selain itu tool ini menyediakan fitur customer feedback, yang bisa menjaring keluh kesah konsumen di dunia digital. Yang paling menarik dari tool ini adalah fitur customer insight and behaviour. Secara instan kita bisa mengetahui perilaku dari konsumen hingga kebetuhan mereka, dengan satu klik dan semua data tersaji dalam bentuk pdf. Secara instan tools ini menjawab 3 dari 7 langkah yang pernah saya tuliskan sebelumnya. Sayangnya tools ini tidak gratis, sehingga bagi kita yang masih coba - coba tidak disarankan untuk menggunakannya.

2 comments:

  1. Aku wis coba SXindexs, dapat trial gratisan 7 hari daari kantor hahah.. sebenarnya memang tidak jauh beda sama tool analytic &monitoring gratisan lainnya cod.. coba research.ly socialmention.com dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyotah? aku penasaran sama hasilnya katanya bisa keluar apa aja favorit yang suka ngomongin kita gt. wenak gak atek stalking wes beres haha

      Delete